cover
Contact Name
YOHANES BARE
Contact Email
bareyohanes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
SPIZAETUS.BIO@GMAIL.COM
Editorial Address
JL. KESEHATAN, NO 03, KELURAHAN BERU, KECAMATAN ALOK TIMUR, KABUPATEN SIKKA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR 86111
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 2716151X     EISSN : 2722869X     DOI : -
Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah dipublikasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
EKSPLORASI MUSUH ALAMI HAMA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI DESA NITAKLOANG KECAMATAN NITA KABUPATEN SIKKA Maria Yufriani Dua Mia; Oktavius Yoseph Tuta Mago; Sukarman Hadi Jaya Putra
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.02 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hama dan penyakit yang menyerang tanaman kakao, yang sangat berpengaruh pada produktifitas tanaman kakao (Theobroma cacao L.). Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi Arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao L.) di Desa Nitakloang Kecamatan Nita Kabupaten Sikka. Metode sampling dilakukan menggunakan transek garis di tiga stasiun dan setiap statiun ditarik dua transek. Sampel dikumpulkan menggunakan teknik perangkap jebak dan teknik perangkap jaring. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu jenis serangga dan data kuantitatif yaitu kepadatan populasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 5 spesies 4 ordo dan 4 famili Arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao L.) yaitu semut hitam (Dolichoderus thoracicus Smith), laba-laba serigala (Aranea sp.), belalang sembah (Mantis religiosa), semut rang-rang (Oechopylla smaradigma), dan capung (Anax junius). Semut hitam (Dolichoderus thoracicus Smith) memiliki populasi tertinggi yaitu dengan indeks kepadatan sebesar 0,37 individu/m2. Sedangkan capung (Anax junius) memiliki indeks kepadatan terendah yaitu 0,01 individu/m2.
PENGARUH MPDEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPK KIMANG BULEN NITA Theresia Tati; Sukarman Hadi Jaya Putra; Rofinus Galis
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.659 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMPK kelas VII pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalen control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sempling jenuh. Sempel penelitian adalah siswa kelas VIIA untuk kelas eksperimen dan kelas VIIB untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian penelitian yang digunakan adalah berupa angket dan tes hasil belajar yang berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian kedua kelompok menggunakan uji t di peroleh hasil belajar yaitu 0,000
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMAS KATOLIK ALVAREZ PAGA TAHUN AJARAN 2019/2020 Theodora Edeltrudis Hoba; Yohanes Nong Bunga
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.776 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kerja sama siswa pada materi sel kelas XI yang dilakukan di SMAS Katolik Alvarez Paga tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan jenis sampling purposive. Sampel penelitian ialah siswa siswi lintas minat biologi kelas XI Sos-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Sos-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner siswa. Hasil penelitian kerja sama siswa menunjukan bahwa ada perbedaan kerja sama siswa pada kelas eksperimen yaitu 3,32 dan kelas kontrol 2,88. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kerja sama siswa.
PENGARUH APLIKASI CUKA KAYU TERHADAP HAMA PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI DESA NAWOKOTE KECAMATAN WULANGGITANG KABUPATEN FLORES TIMUR Fransiskus D.H Koten; Yohanes Boli Tematan
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.327 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.4

Abstract

Pestisida merupakan bahan utama untuk membasmi hama pada tanaman karena memiliki unsur – unsur kimia yang penting di dalamnya. Salah satu pestisida yang bisa digunakan adalah cuka kayu.Cuka kayu merupakan cairan kondenzat dari asap yang didapat dari bahan kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dosis cuka kayu yang tepat untuk membasmi hama pada tanaman kakao dan jumlah jenis hama pada tanaman kakao yang dapat diatasi dengan cuka kayu. Penelitian ini dengan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 transek dan setiap transek di tempatkan 5 plot sehingga di peroleh 15unit percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah cuka kayu/air 0/500 ml, 10/500 ml, 20/500 ml, 30/500 ml, 40/500 ml. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi cuka kayu tidak memiliki pengaruh nyata (P > 0.05) terhadap jumlah hama yang mati pada tanaman kakao (Theobroma cacao L.). Hanya 1 jenis hama yaitu semut api solenopsis geminata yang memiliki dampak postif akibat pemberian pestisida cuka kayu dengan dosis 40/50 ml air. Jenis hama pada tanaman kakao yang ditemukan adalah 5 jenis hama kakao yaitu, kutu putih Planococcus, Penggerek buah kakao Conopomorpha cramerella, ulat jengkal Hyposidra talaca, semut api Solenopsis geminata,dan Helopeltis.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMP SAN CARLOS HABI Servasius Sati; Mansur S; Rofinus Galis
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.944 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP San Carlos Habi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi dengan jumlah siswa 21 orang. Metode pengumpulan data meliputi hasil belajar siswa berupa data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 21 orang. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas meningkat dari siklus I 69,44% menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5